Efek 3D Realistic

Efek 3D realistic ini hampir sama seperti efek Out of frame yang pernah di bahas sebelumnya.namun menggunakan teknik pengerjaan yang berbeda. efek ini bagus di terapkan untuk hasil jepretan gambar bergerak.

Efek 3D Realistic

Langkah-langkah Membuat Efek 3D Realistic adalah sebagai berikut:
  1. Buka foto yang akan kita diedit. Kita dapat mengambil contoh fotonya Disini.
  2. Tekan Ctrl + J untuk menduplikat gambar. Ubah layer Background dg warna putih. Klik di background lalu tekan CTRL + Backspace (sebelumnya tekan tombol D untuk mereset warna menjadi hitam-putih)
  3. Seleksi sebagian layer 1 kemudain tekan Ctrl+J untuk menduplikat layer 1 (akan tampil layer 2)
  4. Aktifkan kembali layer 1 kemudian klik Creaate add new layer untuk menambah layer baru. (akan tampil layer 3) beri warna putih pada layer baru tersebut. Tekan Ctrl + Delete.
  5. Dalam keadaan seleksi masih aktif, Aktifkan layer 2 kemudian klik menu select - transform selection. kecilkan area seleksi (klik tahan - tarik ke dalam sambil tekan Alt+Shift). tuajuannya adalah untuk membuat garis tepi.
  6. Balik seleksi dengan cara klik menu select - Inverse (Ctrl+Shift+I), kemudian tekan Delete (akan tampil garis putih di tepi layer)
  7. Hilangkan seleksi dengan menekan tombol Ctrl+D
  8. Aktikan kembali layer 1 kemudian seleksi area gambar yang berada di luar layer 2.beri feather 0.5-1 agar hasil crop nya bagus dan tidak kaku.
  9. Tekan CTRL + J (Duplikat) sehingga muncul layer baru (layer 4) secara otomatis. Letakan layer 4 di posisi paling atas.
  10. Sembunyikan layer 1. Klik gambar mata pada layer 1 (ada gambar mata = tampil , tidak ada gambar mata = tidak tampil)
  11. Gabungkan layer 2 dengan layer 3. Klik layer 2 - Tekan CTRL+E (akan terbentuk layer 3)
  12. Putar kanvas nya. Klik Image - Rotate canvas - 90 CW ( CW= searah jarum Jam)
  13. Pilih layer 3 . Klik Filter - Distort - Shear . Lengkungkan sedikit.
  14. Pilih layer 4 . sama Klik Filter - Distort- Shear. Lengkungan harus sama persis ( biasanya sudah otomatis sama dengan yang sebelumnya)
  15. Putar kembali canvas nya. Klik Image - Rotate canvas - 90 CCW ( CCW= berlawanan arah jarum jam).
  16. Gabungkan Layer 4 dengan layer 3. Aktifkan layer 4 - tekan Ctrl + E
  17. Beri Efek Drop shadow

Hasilnya dapat kita lihat Disini.

No comments:

Pages