Macromedia FreeHand MX

Secara umum,desain dibagi menjadi dua kelompok, yaitu desain bitmap dan vektor. Perbedaan mendasar kedua desain ini terletak pada objek desainnya. Bitmap tersusun dari pixel-pixel warna dan raster, sedangkan Vektor terdiri dari garis.

Macromedia FreeHand MX adalah versi ke-11 dari software gambar berbasis vektor ini. Desain Vector adalah desain yang menggunakan garis sebagai bagian utama dari sebuah image.ini berbeda dengan desain bitmap yang menggunakan pixel warna dan raster sebagai objek utama image. Sehingga dalam kondisi tertentu desain vektor tidak akan mengalami perubahan pada image meski dilakukan pembesaran sebesar apapun. Di pasaran ada setidaknya 3 buah software berbasis vektor yang banyak dipergunakan orang, yaitu CorelDRAW, Adobe Ilustrator dan Macromedia FreeHand.

Dengan tersedianya fasilitas yang sama, FreeHand MX menuntut persyaratan yang lebih kecil jika dibandingkan dengan Ilustrator apalagi CorelDRAW. Bahkan dibandingkan dengan release sebelumnya.
Perbandingan besarnya program Full Install :
  • FreeHand MX memerlukan 36,8 MB
  • FreeHand 10 memerlukan 38,9 MB
  • Adobe Ilustrator 10 memerlukan 79,5 MB
  • CorelDraw 11 full pack 256 MB
Kebutuhan memori juga lebih rendah, rata-rata besarnya ukuran file gambar untuk graphic yang sama lebih rendah. Akibatnya dengan bobot komputer yang sama,bekerja dengan FreeHand MX lebih lancar dan cepat.

FreeHand MX sangat andal untuk mengerjakan Desktop Publiser untuk jenis-jenis dokumen atau buku yang jumlah halamannya tidak terlalu banyak.Pekerjaan desain logo, pembatas buku,neon box,sampai karakter kartunpun mudah dikerjakan menggunakan FreeHand MX.

No comments:

Pages