Tools Drawing

Tools drawing adalah tool-tool yang berfungsi untuk membuat sebuah ilistrasi objek berupapath. kita dapat membuat ilistrasi berupa garis lurus, lengkung, kotak, atau lingkaran.

Pen Tool

Fasilitas ini berfungsi untuk membuat sebuah ilustrasi garis (line) atau sebuah objek lain yang terbuka maupun tertutup. Cara penggunaanya sangat bebas.

Gambar : Ilustrasi dg menggunakan Pen Tool

Bezigon Tol

Fasilitas ini sam ahalnya dengan Pen Tool, hanya saja garis yang dibentuk oleh Bezigon hanya berupa garis lurus saja. Fasilitas ini terdapat pada opsi Pen Tool. Proses pengunaannya sama dengan Pen Tool.

Gambar : Ilustrasi garis dengan Bezigon Tool.


Text Tol

Untuk menulis kata atau kalimat dalam paragraf, kita dapat mengunakan fasilitas ini. Kita dapat menulis semua jenis teks, baik beraturan maupun tidak beraturan.

Gambar : Teks, Efek teks, dan Panel Properties Objek


Line Tool

Fasilitas ini berfungsi untuk membuat sebuah ilustrasi garis lurus dan tidak mempunyai keterkaitan sepertihalnya Pen Tool. Artinya garis yang terbentuk merupakan garis yang berdiri sendiri. Proses penggunaan tool ini sama dengan Pen Tool.

Gambar : Icon Line Tool dan Ilustrasi Penggunaan Line Tool


Arc Tool
Arc Tool adalah sebuah fasilitas tambahan dari Line Tool yang erfungsi untuk membuat garis lengkung atau sebuag objek garis lengkung tertutup.
Untuk membuat sebuah objek terbuka dengan Arc tool perhatikan langkah berikut:
  1. Pilih Arc Tool. (klik tahan pada line tool. setelah muncul pilihan, klik Arc Tool)
  2. Drag kesembarang tempat. Untuk membuat objek seperempat lingkaran saat mendrag tekan tombol Shift.
Kita dapat juga menutup objek tersebut dengan memanfaatkan fasilitas Closed pada Properties Objek.
Untuk membuat objek full seperempat lingkaran tertutup, drag pointer (setelah memilih Arc Tool) sambil menekan. Ctrl+Shift, maka secara otomatis akan terbentuk objek seperempat lingkaran full.

Gambar : Ilustrasi Objek dengan Arc Tool


Spiral Tool

Fasilitas ini berfungsi untuk membuat sebuah objek spiral yaitu sebuah lingkaran yang terdiri dari beberapa lapisan lingkaran. Lapisa ini dapat diatur dalam dialog spiral dengan mengklik ganda Icon Spiral.

Gambar : Bentuk Objek Spiral


Pencil Tool

Fasilitas ini berfungsi untuk membuat sebuah iliustrasi garis bebas, layaknya menggunakan pensil biasa. Fasilitas ini bekerja berdasarkan path, sehingga akan abnyak memiliki point.
Gambar : Ilustrasi garis terbuka dan tertutup menggunakan Pencil Tool


Variable Stroke Pen Tool

Berfungsi membuat ilustrasi garis yang bagian dalam garisnya dapat diberi warna (fill). Fasilitas ini terdapat pada dialog Pencil.
Untuk membuat garis tersebut perhatikan langakah berikut ini :
  1. Klik ganda Icon Variable (hingga tampil dialog variable stroke pen)
  2. Setting pada Option dan Wide
  3. Klik OK.
  4. Cara penggunaannya dama dengan penggunaan Pencil Tool.
Gambar : Ilustrasi garis dengan Variable Stroke.


Calligraphic Pen Tool

Fasilitas ini hampir sama dengan variable stroke yaitu untuk membuat sebuah ilustrasi garis tertutup yang dapat diberi warna. Hanya saja, perbedaan bentuk garis dalam Calligraphic mempunyai bentuk layaknya sebuah kertas atau kain. Biasanya fasilitas ini digunakan untuk membuat kaligrafi (teks Arab)
Untuk lebih jelasnya perhatikan ilustrasi berikut:
  1. Klik ganda Icon Calligraphic Pen Tool.
  2. Seting option, with, serta Angle yang ada
  3. Klik OK.
Rectangle Tool
Fasilitas in berfungsi untuk membuat sebuah ilustrasi objek berupa kotak. Kita juga dapat mengatur sudut-sudut kotak tersebut berupa lengkungan (elipse)
Untuk membuat sudut kotak menjadi lengkung dapat dilakuka secara langsung, itupun jika tidak memerlukan sudut dengan radius yang tepat. Caranya buatlah sebuah ilustrasi kotak dengan Rectangle Tool. Setelah itu pilih Subselect maka akan terlihat titik berbentuk ketupat. Tarik titik tersebut sampai sudut melengkung.
Untuk membuat ilustrasi kotak bersudut lengkung dengan menggunakan Corner radius, klik ganda pada icon rectangle tool. Setelah itu masukan angka yang diinginkan pada kotak Corner radius
Kita juga dapat membuat sudut lengkung yang berbeda-beda pada setiap sudut. Ikuti langak-langkah berikut:
  1. Buat sebuah objek Rectangle (kotak)
  2. Hilangkan tanda centang pada kotak Uniform Corner pada dialog Properties rectangle.
  3. Seting corner pada opsi
  4. Tekan enter.
Ellipse Tool
Fasilitas ini berguna untuk membuat sebuah objek ilustrasi tertutup dengan bentuk lingkaran. Untuk membuat lingkaran penuh dengan bentuk yang presisi, gunakan tombol Shift saat mendrag pointer.

Polygon Tool
Fasilitas in berfungsi untuk membuat sebuah objek tertutup dengan beberapa pilihan sudut yang berbeda. Untuk mengatur sudut yang diinginkan kita cukup meng-klik ganda pada icon poligon.
Kita dapat juga membuat ilustrasi berbentuk bintang dengan banyak sudut. Untuk mengaktifkannya pilih Shape Star pada dialog Polygon Tool.

No comments:

Pages