MANAJEMEN OBJEK

Salah satu unsur penilaian baik buruknya sebuah hasil desain, terletak pada penempatan objek dalam kesatuan objek-objek yang merangkai sebuah desain. Jika penenpatan objek terlihat proporsional, dapat dikatakan hasil desain itu baik.
Nah, oleh karena itu kiranya perlu bagi kita untuk mengetahui lebih jauh fasilitas-fasilitas yang disediakan FreeHand MX untuk mengatur dan menata objek-objek sehingga proses desain akan lebih cepat.

Memilih Objek
Sebelum kita menerapkan suatu perintah pada sebuah objek, terlebih dahulu kita harus memilih objek itu. FreeHand MX menyediakan sarana untuk memilih objek sebagai berikut.

1. Pointer Tool
untuk memilih sebuah objek atau sebuah group objek dalam sekali klik. Objek yang dipilih dapat di klik pada stoke maupun fill-nya. namun kita tidak dapat meng-klik pada daerah yang kosong dari suatu objek.
Jika kita ingin memilih beberapa objek berturut-turut setelah memilih objek pertama, tekan tombol Shift dan tahan dulu sambil klik objek berikutnya. Demikian lakukan berturut-turut sehingga semua objek terpilih.
Jika objek-objek yang akan dipilih terdapat dalam suatu area tertentu,Kita dapat melakukan seleksi dengan menyeretkan pointer tol membentuk segi empat yang meliputi keseluruhan objek yang akan dipilih.
2. Sub Selec Tool,
Untuk memilih salah satu objek dari sebuah group objek. Selain itu, juga untuk memilih titik penambat dari suatu path. (
3. Lasso Tool
Untuk memilih objek-objek dalam suatu area yang bentuknya tidak beraturan sehingga tida dapat dipilih bersama-sama menggunakan pointer tool. cara menggunakan lasso tool dengan menyeretkan pointer membentuk seleksi disekeliling objek yang akan dipilih.

Mengkopi Objek
Ada beberapa cara dalam mengkopi atau menggandakan suatu objek. semuanya diawali dengan memilih/mengaktifakn objek yang akan di kopi kemudian :
  1. Klik menu Edit - Copy dan Edit - Paste
  2. Seret ke lokasi lain yang dikehendaki lalu tekan tombol Alt.
  3. Klik menu Edit - Duplikat (Ctrl+Alt+D)
  4. Klik menu Edit - Clone (Ctrl+Shift+D) : Hasil clone akan terletak tepat pada posisi objek aslinya.
Mengatur Susunan Objek
Sebuah objek gambar yang terdiri atas beberapa unsusr path sering kali susunannya saling menumpuk, tumpang tindih satu sama lain. OLeh karenanya, akan ada susunan yang paling tepat, objek amana yang seharusnya terletak paling bawah, kemudian objek mana yang diletakan pada lapisan diatasnya. Demikian seterusnya sehingga keseluruhan objek menjadi suatu susunan yang seharusnya.
Dalam meletakan path yang kita buat, diperlukan cara untuk memindahkan susunan objek, baik memindahkan kelapisan diatsnya, dibawahnya maupun pilihan lainnya. Fasilitas pengaturan letak objek dilakukan melalui menu Modify - Arange , atau klik kanan Objek kemudian pilih Arange.

No comments:

Pages