Menentukan Ukuran Dokumen

Langkah awal sebelum kita membuat desain adalah menentukan ukuran bidang gambar. jika kita membuka sebuag file baru, biasanya secara defaul akan ditampilkan ukuran kertas letter atau A4. namun kita dapat mengubahnya dengan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan.

FreeHand menaruh fasilitas pengaturan halaman pada documenProperties. Pallet ini baru dapat diaktifkan jika kita telah memilikimsebuag file yang terbuka. Membuka Document Properties dengan menu Window - Document.

Gambar : Palet Document Properties

  • Master Page : Adalah sejenis induk dokumen yang menyimpan pernak-pernik yang akan ditampilkan dan dicetak pada semua chil page (halaman yang mengikuti), diantaranya Header, Footer, dsb.
  • Ukuran Kertas : Pada kotak ini terdapat pilihan kertas siap pakai yang dapat kita pilih. jika ingin membuat ukuran sendiri, pilih Custom kemudian masukan ukuran yang kita inginkan pada kotak x dan y.
  • Orientasi Kertas : Untuk menentukan posisi dokumen atau bidang gambar dengan pilihanTegak (Potrait) atau Mendatar (Lanscape).
  • Mengatur Bleed : Bleed artinya melebar. Teknik mencetak dengan melibatkan Bleed biasanya di pakai jika materi yang akan dicetak sampai batas pinggiran kertas.untuk menghindari melesetnya batas pada waktu pemotongan kertas yang mengakibatkan munculnya warna putih (warna kertas) di pinggir, maka kita dapat melebihi bidang tersebut sedikit melebar keluar. Kelebihan inilah yang dimaksud dengan Bleed. Bleed 0 artinya tanpa Bleed.
  • Pilihan Tampilan Thumbnail : digunakan untuk memilih mode tampilan yang akan digunakan. Melalui jendela thumnail ini kita dapat menggeser psisi halaman, bahkan menukar urutan halaman.
  • Palet Menu : Menu ini memuat beberapa perintah yang berguna untuk mengelola dokumen, diantaranya : (1) Add Pages : untuk menambah halaman sejumlah yang dikehendaki. (2) Duplicate : untuk membuat duplikat dari halaman yang saat itu sedang aktif.

No comments:

Pages